RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 34 Pontianak Kota
Kelas/Semester : II/1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Waktu : 70 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Memahami
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
II.
KOMPETENSI
DASAR
1.3.Menceritakan
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
III.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menceritakan
peristiwa yang menyenangkan dalam keluarga
2. Menceritakan
peristiwa yang menyedihkan dalam keluarga
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
tanya jawab siswa dapat mengetahui peristiwa penting yang ada dalam keluarga.
2. Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat menceritakan peristiwa yang menyenangkan
dan menyedihkan dalam keluarga.
V.
DAMPAK
PENGIRING
Diharapkan siswa dapat berpikir kritis,
cermat, disiplin, bekerja sama dan serius dalam belajar.
VI.
MATERI
AJAR
1. Peristiwa
Menyenangkan dalam Keluarga
a. Masuk
Sekolah Dasar
b. Ulang
Tahun
c. Mendapat
Adik Baru
d. Juara
Lomba
e. Berlibur
2. Peristiwa
Menyedihkan dalam Keluarga
a. Sakit
Demam Berdarah
b. Kakek
Meninggal Dunia
c. Banjir
VII.
ALOKASI
WAKTU
70 Menit
VIII.
METODE
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Metode
-
Tanya Jawab
-
Picture and picture
b. Media
-
Gambar
IX.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1. Salam
2. Do’a
3. Absen
4. Apersepsi
5. Informasi
materi pembelajaran
6. Informasi
tujuan pembelajaran
B. Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a. Guru
memberikan materi sebagai pengantar
b. Guru
dan siswa bertanya jawab tentang materi
2. Elaborasi
a. Siswa
mengamati gambar yang ditampilkan oleh guru
b. Beberapa
siswa secara bergantian maju ke depan untuk menunjukkan gambar dan menceritakan
peristiwa yang ada di gambar.
3. Konfimasi
a. Guru
memberikan bimbingan kepada siswa untuk menyimpulkan dari gambar yang
ditampilkan.
b. Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya
C. Penutup
1. Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
2. Evaluasi
3. Refleksi
4. Tindak
Lanjut
X.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Penilaian
Proses
No.
|
Nama
|
Aktivitas
|
|||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Kerjasama
|
Ketelitian
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
Dst.
|
Keterangan : Rentang nilai 0 – 100
A
= Baik Sekali (80-100)
B
= Baik (70-79)
C
= Cukup (60-9)
D
= Kurang (<60)
2. Penilaian
Hasil
a. Prosedur
Tes
1) Jenis
Tes : Tertulis
2) Bentuk
Tes : Pilihan Ganda
b. Soal
Tes
1) Peristiwa
ada yang menyenangkan dan ada yang ….
a. Mengerikan
b. Menakutkan
c. Menyedihkan
2) Masuk
ke sekolah dasar termasuk pengalaman ….
a. Menyenangkan
b. Menyedihkan
c. Pertama
3) Pengalaman
menyenangkan akan membuat kita ….
a. Bahagia
b. Menangis
c. Pusing
4) Pengalaman
menyedihkan akan membuat kita …
a. Bahagia
b. Menangis
c. Menyanyi
5) Dirawat
dirumah sakit termasuk pengalaman ….
a. Menyedihkan
b. Menyenangkan
c. Menakutkan
c. Kunci
Jawaban
1. C
2. A
3. A
4. B
5. A
d. Penskoran
No.
|
Nomor
Soal
|
Skor
|
1.
|
1
|
20
|
2.
|
2
|
20
|
3.
|
3
|
20
|
4.
|
4
|
20
|
5.
|
5
|
20
|
Jumlah
|
100
|
XI.
SUMBER
BELAJAR
1. Tim
BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk SD/MI. Depdiknas Jakarta.
Halaman 577.
2. Tri
Jaya Suranto, A. Dakir. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SD dan MI kelas II.
Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 37-50.
Pontianak,
29 Agustus 2013
Mengetahui,
Guru Pamong, Praktikan,
SALAWATI IHSAN
RAMADAN
NIP:
19601029 198012 2005 NIM
: F32110022
No comments:
Post a Comment