Sunday, October 20, 2013

RPP IPA kelas 4 SD Indera Pendengar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas/Semester            : IV/1
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Waktu                         : 70 Menit
I.                   STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.
II.                KOMPETENSI DASAR
1.3.Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya.
III.             INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Mendeskripsikan hubungan antara indera pendengar dengan fungsinya.
IV.             TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan menggunakan media gambar, siswa dapat mengetahui hubungan antara indera pendengar dengan fungsinya.
2.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menerapkan cara merawat dan memelihara telinga dengan baik.
V.                DAMPAK PENGIRING
Diharapkan siswa dapat berpikir kritis, cermat, disiplin, bekerja sama dan serius dalam belajar.
VI.             MATERI AJAR
INDRA PENDENGAR
Kita dapat mendengar suatu bunyi dari sekitar kita karena adanya bunyi/suara yang masuk melalui telinga kita. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Cobalah tutup telingamu dengan kedua tangan. Apakah kamu dapat mendengar? Tentu kamu tidak dapat mendengar. Apa saja bagianbagian telinga itu sehingga kita bisa mendengar?
1.      Telinga luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, saluran telinga, selaput gendang telinga, dan kelenjar minyak. Telinga luar berguna untuk menangkap bunyi/suara dari luar.
2.      Telinga tengah berupa rongga yang di dalamnya ada saluran Eustachius dan tulang-tulang pendengar yaitu tulang martil, tulang landasan dan tulang sanggurdi. Saluran Eustachius menghubungkan rongga telinga tengah dengan mulut, sedangkan tulang-tulang pendengar berguna untuk meneruskan getaran bunyi dari telinga luar ke telinga dalam.
3.      Telinga dalam terdiri dari tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah lingkaran, saluran rumah siput, dan alat keseimbangan. Telinga dalam berguna untuk menerima getaran bunyi/suara yang diterima dari telinga tengah.
VII.          ALOKASI WAKTU
70 Menit
VIII.       METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a.       Metode
-          Diskusi
-          Tanya Jawab
b.      Media
-          Gambar
IX.             KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.    Pendahuluan
1.      Salam
2.      Do’a
3.      Absen
4.      Apersepsi
5.      Informasi materi pembelajaran
6.      Informasi tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.    Siswa mengamati gambar yang ditampilkan guru
b.      Guru dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan
c.       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok siswa
2.      Elaborasi
a.       Siswa berdiskusi mengerjakan lembar kerja siswa
b.      Guru memberikan bimbingan jika dalam berdiskusi siswa mendapat kesulitan
3.      Konfirmasi
a.       Setelah waktu yang disediakan habis, beberapa siswa nmenyampaikan hasil diskusinya didepan kelas
b.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
C.     Penutup
1.      Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
2.      Evaluasi
3.      Refleksi
4.      Tindak lanjut
X.                PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.      Penilaian proses
No.
Nama
Aktifitas
Keaktifan
Keberanian
Kerjasama
Ketelitian
1.





2.





Dst.





Keterangan :    Rentang nilai 0 – 100
                        A = Baik Sekali           (80-100)
                        B = Baik                      (70-79)
                        C = Cukup                  (60-69)
                        D = Kurang                 (<60)
2.      Penilaian Hasil
a.       Prosedur Tes
1)      Jenis Tes          : Tertulis
2)      Bentuk Tes      : Essay

b.      Soal Tes
1)      Sebutkan kegunaan dari telinga luar ?
2)      Sebutkan kegunaan dari telinga dalam ?
3)      Di telinga bagian manakah terdapat tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi ?
c.       Kunci Jawaban
1)      Telinga luar berguna untuk menangkap bunyi/suara dari luar.
2)      Telinga dalam berguna untuk berguna getaran bunyi/suara yang diterima dari telinga tengah.
3)      Telinga tengah
d.      Penskoran
No.
Nomor Soal
Skor
1.
1
35
2.
2
35
3.
3
30
Jumlah
100

XI.             SUMBER BELAJAR
1.      Tim BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk SD/MI. Depdiknas Jakarta. Halaman 492.
2.      Heri Sulistyanto, EdyWiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 10 – 11.





Pontianak, 23 Agustus 2013
Mengetahui,
Guru Pamong,                                                                                     Praktikan,


Nuraini AL, A.Ma                                                                            Ihsan Ramadan
NIP : 19600202 198810 2001                                                            NIM : F32110022



LAMPIRAN 1
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Kelompok       : 1)  . . . . . . .
2)      . . . . . . .
Kelas                           :
Diskusikanlah bersama teman sebangku tentang cara merawat dan memelihara telinga !
Ø  Cara merawat telinga :
…………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………...........................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................

No comments: