RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas/Semester : IV/1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Waktu : 70 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Memahami
hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.
II.
KOMPETENSI
DASAR
1.3.Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya.
III.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Mendeskripsikan
hubungan antara indera pendengar dengan fungsinya.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat mengetahui hubungan antara indera
pendengar dengan fungsinya.
V.
DAMPAK
PENGIRING
Diharapkan siswa dapat berpikir kritis,
cermat, disiplin, bekerja sama dan serius dalam belajar.
VI.
MATERI
AJAR
INDRA
PENDENGAR
Kita dapat mendengar suatu bunyi dari
sekitar kita karena adanya bunyi/suara yang masuk melalui telinga kita.
Bagaimana hal ini bisa terjadi? Cobalah tutup telingamu dengan kedua tangan.
Apakah kamu dapat mendengar? Tentu kamu tidak dapat mendengar. Apa saja
bagianbagian telinga itu sehingga kita bisa mendengar?
1. Telinga
luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, saluran telinga, selaput
gendang telinga, dan kelenjar minyak. Telinga luar berguna untuk menangkap
bunyi/suara dari luar.
2. Telinga
tengah berupa rongga yang di dalamnya ada saluran Eustachius dan tulang-tulang
pendengar yaitu tulang martil, tulang landasan dan tulang sanggurdi. Saluran
Eustachius menghubungkan rongga telinga tengah dengan mulut, sedangkan
tulang-tulang pendengar berguna untuk meneruskan getaran bunyi dari telinga
luar ke telinga dalam.
3. Telinga
dalam terdiri dari tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah
lingkaran, saluran rumah siput, dan alat keseimbangan. Telinga dalam berguna
untuk menerima getaran bunyi/suara yang diterima dari telinga tengah.
VII.
ALOKASI
WAKTU
70 Menit
VIII.
METODE
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Metode
-
Diskusi
-
Tanya Jawab
b. Media
-
Gambar
IX.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1. Salam
2. Do’a
3. Absen
4. Apersepsi
5. Informasi
materi pembelajaran
6. Informasi
tujuan pembelajaran
B. Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a.
Siswa mengamati gambar yang ditampilkan
guru
b. Guru
dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan
c. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok siswa
2. Elaborasi
a. Siswa
berdiskusi mengerjakan lembar kerja siswa
b. Guru
memberikan bimbingan jika dalam berdiskusi siswa mendapat kesulitan
3. Konfirmasi
a. Setelah
waktu yang disediakan habis, beberapa siswa nmenyampaikan hasil diskusinya
didepan kelas
b. Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya
C. Penutup
1. Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
2. Evaluasi
3. Refleksi
4. Tindak
lanjut
X.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Penilaian
proses
No.
|
Nama
|
Aktifitas
|
|||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Kerjasama
|
Ketelitian
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
Dst.
|
Keterangan : Rentang
nilai 0 – 100
A
= Baik Sekali (80-100)
B
= Baik (70-79)
C
= Cukup (60-69)
D
= Kurang (<60)
2. Penilaian
Hasil
a. Prosedur
Tes
1) Jenis
Tes : Tertulis
2) Bentuk
Tes : Essay
b. Soal
Tes
1) Sebutkan
kegunaan dari telinga luar ?
2) Sebutkan
kegunaan dari telinga dalam ?
3) Di
telinga bagian manakah terdapat tulang martil, tulang landasan, dan tulang
sanggurdi ?
c. Kunci
Jawaban
1) Telinga
luar berguna untuk menangkap bunyi/suara dari luar.
2) Telinga
dalam berguna untuk berguna getaran bunyi/suara yang diterima dari telinga
tengah.
3) Telinga
tengah
d. Penskoran
No.
|
Nomor
Soal
|
Skor
|
1.
|
1
|
35
|
2.
|
2
|
35
|
3.
|
3
|
30
|
Jumlah
|
100
|
XI.
SUMBER
BELAJAR
1. Tim
BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk SD/MI. Depdiknas Jakarta.
Halaman 492.
2. Heri
Sulistyanto, EdyWiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas IV.
Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 10 – 11.
Pontianak,
23 Agustus 2013
Mengetahui,
Guru Pamong, Praktikan,
Nuraini
AL, A.Ma Ihsan
Ramadan
NIP
: 19600202 198810 2001 NIM
: F32110022
LAMPIRAN
1
LEMBAR KERJA SISWA
Nama
Kelompok : 1) . . . . . . .
2)
.
. . . . . .
Kelas :
Diskusikanlah
bersama teman sebangku tentang cara merawat dan memelihara telinga !
Ø Cara
merawat telinga :
…………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………...........................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
………………………………………………………...........................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment