Thursday, September 19, 2013

RPP Pkn kelas 3 SD Menghargai Perbedaan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 34 Pontianak Kota
Kelas/Semester            : III/1
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Waktu                         : 70 Menit
I.                   STANDAR KOMPETENSI
1.      Mengamalkan makna sumpah pemuda
II.                KOMPETENSI DASAR
1.1.Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
III.             INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa dengan cara menghargai perbedaan.
IV.             TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan menggunakan media gambar beberapa suku bangsa Indonesia, siswa dapat mengetahui keberagaman suku bangsa yang menyebabkan perbedaan bahasa daerah tiap-tiap daerah.
2.      Dengan menggunakan metode bermain peran, siswa dapat menghargai perbedaan suku dan bahasa daerah yang ada di Indonesia.
V.                DAMPAK PENGIRING
Diharapkan siswa dapat berfikir kritis, cermat, disiplin, bekerja sama dan serius dalam belajar.
VI.             MATERI AJAR
MENGHARGAI PERBEDAAN
Bangsa Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku bangsa. Ada suku Batak, suku Jawa, suku Madura dan lain sebagainya. Dengan adanya keberagaman suku bangsa, menyebabkan perbedaan bahasa daerah tiap-tiap daerah.
Contohnya seperti dalam keluarga Andi. Ayah Andi berasal dari Makassar. Ibunya dari Jawa. Mereka tetap bisa bersatu dan bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.
VII.          ALOKASI WAKTU
70 Menit
VIII.       METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a.       Metode
-          Bermain Peran
-          Tanya Jawab
b.      Media
-          Gambar
IX.             KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.    Pendahuluan
1.      Salam
2.      Do’a
3.      Absen
4.      Apersepsi
5.      Informasi materi pembelajaran
6.      Informasi tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.       Peserta didik mengamati gambar yang ditampilkan oleh guru.
b.      Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan.
c.       Guru membacakan sebuah percakapan dan siswa menyimaknya.
2.      Elaborasi
a.       Guru memberikan bimbingan kepada siswa untuk bermain peran.
b.      Siswa maju kedepan kelas secara berpasangan untuk memerankan cerita yang ada di teks percakapan.
3.      Konfirmasi
a.       Guru memberikan bimbingan kepada siswa untuk menyimpulkan dari teks percakapan yang diperankannya.
b.      Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya.
C.     Penutup
1.      Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan
2.      Evaluasi
3.      Refleksi
4.      Tindak Lanjut
X.                PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.      Penilaian Proses
No.
Nama
Aktifitas
Keaktifan
Keberanian
Kerjasama
Ketelitian
1.





2.





Dst.





Keterangan      :           Rentang nilai 0 – 100
                                    A = Baik Sekali           (80-100)
                                    B = Baik                      (70-79)
                                    C = Cukup                  ( 60-69)
                                    D = Kurang                 (<60)
2.      Penilaian Hasil
a.       Prosedur Tes
1)      Jenis Tes          : Tertulis
2)      Bentuk Tes      : Essay
b.      Soal Tes
1)      Sebutkan 4 suku bangsa yang ada di Indonesia ?
2)      Mengapa kita harus menghargai bahasa daerah lain ?
c.       Kunci Jawaban
1)      Suku Batak, suku Jawa, suku Madura, suku Dayak.
2)      Karena bahasa daerah lain itu merupakan kekayaan bahasa bangsa Indonesia dan juga agar tercipta persatuan dan kesatuan bangsa.

d.      Penskoran
No.
Nomor Soal
Skor
1.
1
50
2.
2
50
Jumlah
100

XI.             SUMBER BELAJAR
1.      Tim BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk SD/MI. Depdiknas Jakarta. Halaman 275.
2.      Slamet, Tijan, dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SD/MI Kelas 3. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 8-9.






Pontianak, 21 Agustus 2013
Mengetahui,
Guru Pamong,                                                                                     Praktikan,


SABAHATI, A.Ma                                                                           IHSAN RAMADAN
NIP : 190600208 198403 2019                                                          NIM : F32110022



LAMPIRAN 1
Teks Percakapan
Suatu hari, Andi dan Yusi kakaknya membantu orang tuanya. Karena dihari itu ada teman ayah Andi yang akan datang. Yusi dan ibu memasak di dapur, sedangkan Andi dan ayah membersihkan halaman. Di dapur terjadi percakapan antara ibu dan Yusi.
Yusi     : “Bu, yang akan datang nanti temannya ayah ya?”
Ibu       : ‘ Iya teman ayah waktu SMA dulu.”
Yusi     : “Ooo, lalu kita akan masak apa Bu?”
Ibu       : “Ibu tadi sudah masak sayur kok, sekarang ibu akan buat trancam, setuju kan Yusi?”
Yusi     : “Ibu ini bagaimana si, ada tamu datang kok malah dibuat terancam, kasihan kan Bu?”
Ibu       : (sambil tersenyum) “Bukan begitu maksud ibu, trancam itu kalau di Jawa sayuran dari daun kol, buncis, tempe goring, ditambah dengan sambal kelapa, bukan mau diancam.”
Yusi     : “Oo begitu ya, sekarang Yusi bantuin apa?”
Ibu       : “Tolong ambilkan ibu jangan dibelakang ya!”
Yusi     : (masih tetap berdiri ditempatnya) “Lho … katanya aku disuruh ambil di belakang kok jangan, bagaimana sih bu?”
Ibu       : “Yusi … Yusi, makanya banyak belajar bahasa daerah, biar tahu. Jangan itu sayur yang sudah dimasak.
Yusi     : “Ya … ya … ya, sekarang aku jadi tambah mengerti, dan aku akan banyak belajar bahasa daerah supaya tidak terjadi kesalah pahaman.”
Ibu       : “Ya sudah, sekarang cepat ambil jangannya, keburu tamunya datang lho…”
Yusi     : “Beres bu …!”

No comments: