RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 34 Pontianak Kota
Kelas/Semester : V/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Waktu : 90 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
3. Memahami
teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca
puisi.
II.
KOMPETENSI
DASAR
3.1.Membaca
teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
III.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Membaca
teks percakapan
2. Memahami
isi teks percakapan
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah
menyimak pembacaan teks percakapan oleh guru, siswa dapat membacakan kembali
teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
V.
DAMPAK
PENGIRING
Diharapkan siswa dapat berfikir kritis,
cermat, disiplin, bekerja sama dan serius dalam belajar.
VI.
MATERI
AJAR
Membaca
Teks Percakapan
1. Membaca
dengan Lafal dan Intonasi yang Tepat
Teks percakapan (terlampir)
2. Memahami
isi teks
Bagaimana cara memahami sebuah teks ?
caranya mudah, yaitu membaca teks itu dengan teliti dan memahami
kalimat-kalimatnya. Setelah membaca, jawablah pertanyaan yang terkait dengan
teks !
VII.
ALOKASI
WAKTU
90 Menit
VIII.
METODE
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Metode
-
Diskusi
-
Tanya Jawab
b. Media
-
Teks Percakapan
-
Gambar
IX.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1. Salam
2. Do’a
3. Absen
4. Apersepsi
“Anak-anak, apakah kalian pernah membaca
teks percakapan”
5. Informasi
materi pembelajaran
6. Informasi
tujuan pembelajaran
B. Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a. Siswa
menyimak pembacaan teks percakapan yang diperagakan oleh guru.
b. Beberapa
siswa maju ke depan untuk membacakan teks percakapan.
2. Elaborasi
a. Siswa
berdiskusi dengan teman sebangku mengerjakan lembar kerja siswa.
b. Guru
memberikan bimbingan atau petunjuk jika dalam berdiskusi siswa mengalami
kesulitan.
3. Konfirmasi
a. Setelah
waktu yang disediakan habis, wakil dari kelompok teman sebangku menyampaikan
hasil diskusinya didepan kelas.
b. Peserta
didik diberi kesempatan untuk bertanya.
C. Penutup
1. Guru
membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan
2. Evaluasi
3. Refleksi
4. Tindak
lanjut
X.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Penilaian
proses
No.
|
Nama
|
Aktifitas
|
|||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Kerjasama
|
Ketelitian
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
Dst.
|
Keterangan
: Rentang nilai 0 – 100
A = Baik Sekali
(80-100)
B = Baik
(70-79)
C = Cukup
(60-69)
D = Kurang
(<60)
2. Penilaian
Hasil
a. Prosedur
Tes
1) Jenis
Tes : Tertulis
2) Bentuk
Tes : Essay
b. Soal
Tes :
Siska :“Kemana kamu kemarin, Mit?”
Mita : “Aku pergi menyaksikan pertunjukkan
lumba-lumba.”
Siska : “Di mana pertunjukkan itu?”
Mita : “Di alun-alun.”
Siska :
“Wah, senang dong, bisa menyaksikan pertujukkan lumba-lumba.”
Bacalah
teks percapakan diatas, kemudian jawablah pertanyaan berikut!
1) Pertunjukkan
apa yang Mita saksikan ?
2) Dimana
tempat pertunjukkannya ?
c. Kunci
jawaban
1) Pertunjukkan
lumba-lumba.
2) Di
alun-alun.
d. Penskoran
No.
|
Nomor Soal
|
Skor
|
1.
|
1
|
50
|
2.
|
2
|
50
|
Jumlah
|
100
|
XI.
SUMBER
BELAJAR
1. Tim
BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk SD/MI. Depdiknas Jakarta.
Halaman 327.
2. H.
Suyatno, Ekarini Saraswati, dkk. 2008. INDAHNYA BAHASA DAN SASTRA
INDONESIA.Yogyakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman
9 – 10.
Pontianak, 01 Agustus
2013
Mengetahui,
Guru
Pamong Praktikan,
Anita, As Ihsan
Ramadan
NIM : F32110022
LAMPIRAN 1
Teks Percakapan
Pada
liburan kemarin, Intan tinggal dirumah pamannya selama satu minggu. Ketika itu,
Intan menyaksikan warga desa pamannya beramai-ramai ke sawah. Mereka tidak
bermaksud memanen padi, melainkan memberantas tikus. Inilah ceritanya.
Memberantas Tikus
Intan : “Mereka sedang apa, Paman?”
Paman : “Sedang memberantas tikus, Intan.”
Intan : “O . . . sejak kapan kegiatan itu
dilaksanakan?”
Paman : “Baru dimulai tiga hari yang lalu.”
Intan : “Bagaimana cara memberantas tikus, Paman?”
Paman : “Tikus-tikus itu membuat liang sarang di
pematang-pematang sawah. Ketika siang hari, mereka beristirahat disarang.
Kesempatan itu kita manfaatkan. Sarang tersebut kita cangkul sehingga
tikus-tikus yang di sarang akan lari keluar. Nah, saat itulah kita menangkap
mereka.”
Intan : “O . . . begitu. Sampai kapan
pemberantasan itu akan dilakukan?”
Paman : “Sampai tanaman aman dari sarang tikus.”
Intan : “Berarti, sampai tikus itu mati semua?”
Paman : “Tentu tidak, sebab pasti masih ada tikus
yang hidup, tetapi tidak merugikan.”
Intan : “Wah, ini pengalaman yang menarik, Paman.
Sesampainya dirumah besok, akan Intan ceritakan kepada ayah dan ibu. Terima
kasih penjelasannya, Paman.”
Paman : “Ya, sama-sama . . . .”
No comments:
Post a Comment