RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 34 Pontianak Kota
Kelas/Semester : V/1
Mata Pelajaran : Matematika
Waktu : 90 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
II.
KOMPETENSI
DASAR
III.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menghitung
perpangkatan
2. Menghitung
akar sederhana
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
tanya jawab, siswa dapat menghitung pangkat dua suatu bilangan.
2. Dengan
menggunakan media power point tentang cara menghitung akar pangkat dua, siswa
dapat menghitung akar sederhana.
V.
DAMPAK
PENGIRING
Diharapkan siswa dapat berpikir kritis,
cermat, disiplin dan serius dalam belajar.
VI.
MATERI
AJAR
PANGKAT DUA DAN
AKAR PANGKAT DUA
1. Pangkat
Dua Suatu Bilangan
Papan catur
mempunyai 8 x 8 petak kecil. 8 x 8 dapat
ditulis 82 dan dibaca delapan pangkat dua atau delapan kuadrat.
2. Penarikan
Akar Pangkat Dua
Akar pangkat dua
merupakan kebalikan dari pangkat dua. Akar pangkat dua (akar kuadrat)
dilambangkan dengan tanda √ .
82
= 64 berarti √64 = 8
√64 = 8 dibaca akar pangkat dua dari enam puluh
empat sama dengan delapan atau akar dari enam puluh empat sama dengan delapan.
VII.
ALOKASI
WAKTU
90 Menit
VIII.
METODE
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Metode
-
Tanya Jawab
b. Media
-
Tabel bilangan kuadrat di kertas manila.
-
Infocus, power point tentang cara
menghitung akar pangkat dua.
IX.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1. Salam
2. Do’a
3. Absen
4. Apersepsi
“Anak-anak, apakah sebelumnya kalian
sudah pernah belajar tentang perpangkatan, bagaimana jika hari ini kita belajar
tentang menghitung perpangkatan dan akar sederhana.”
5. Informasi
Materi Pembelajaran
6. Informasi
Tujuan Pembelajaran
B. Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a. Siswa
mengamati tabel bilangan kuadrat.
b. Guru
dan siswa bertanya jawab tentang bilangan pangkat dua.
c. Beberapa
siswa maju ke depan kelas untuk mengerjakan contoh soal bilangan pangkat dua.
2. Elaborasi
a. Guru
memperlihatkan cara menghitung akar pangkat dua yang ada di infocus.
b. Guru
dan siswa bersama-sama mengerjakan contoh soal akar pangkat dua dengan
memperhatikan cara menghitung akar pangkat dua yang ada di infocus.
3. Konfirmasi
a. Salah
seorang atau dua siswa maju ke depan untuk mengerjakan soal akar pangkat dua
dengan bimbingan guru.
b. Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya.
C. Penutup
1. Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan.
2. Evaluasi
3. Refleksi
4. Tindak
Lanjut
X.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Penilaian
Proses
No.
|
Nama
|
Aktivitas
|
|||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Kerja
sama
|
Ketelitian
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
Dst.
|
Keterangan : Rentang
nilai 0 – 100
A
= Baik Sekali (80 – 100)
B
= Baik (70 – 79)
C
= Cukup (60 – 69)
D
= Kurang (<60)
2. Penilaian
Hasil
a. Prosedur
Tes
1) Jenis
Tes : Tertulis
2) Bentuk
Tes : Essay
b. Soal
Tes
1) 272
= ….
2) 312
+ 212 = ….
3) 422
– 142 = ….
4) √576
= ….
5) √361
= ….
c. Kunci
Jawaban
1) 729
2) 1.402
3) 1.568
4) 24
5) 19
d. Penskoran
No.
|
Nomor
Soal
|
Skor
|
1.
|
1
|
20
|
2.
|
2
|
20
|
3.
|
3
|
20
|
4.
|
4
|
20
|
5.
|
5
|
20
|
Jumlah
|
100
|
XI.
SUMBER
BELAJAR
1. Tim
BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk SD/MI. Depdiknas Jakarta.
Halaman 427.
2. Y.D.
Sumanto, Heny Kusumawati, Nur Askin. 2008. Gemar Matematika 5. Jakarta: Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 34 – 36.
Pontianak,
05 September 2013
Mengetahui,
Guru Pamong, Praktikan,
NILAWATI,
A.Ma IHSAN
RAMADAN
NIP.
19881024 102001 2002 NIM.
F32110022
1 comment:
terimakasih pak Ihsan Ramadan. mohon ijin mengcopy untuk pembuatan RPP di ssekolah saya. ohia Saya juga Monster Jackers dulunya mas sebelum CJ BUBAR hehe
Post a Comment