RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 34 Pontianak Kota
Kelas/Semester : II/1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Waktu : 2 × 30 Menit (1×
Pertemuan)
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
II.
KOMPETENSI
DASAR
1.2.Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari
biji menjadi tanaman).
III.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Mengidentifikasi
pertumbuhan yang terjadi pada pertumbuhan hewan
2. Mengidentifikasi
pertumbuhan yang terjadi pada pertumbuhan tumbuhan
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
tanya jawab, siswa dapat mengetahui pertumbuhan yang terjadi pada pertumbuhan
hewan dan tumbuhan.
2. Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat mengidentifikasi perubahan yang terjadi
pada pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
V.
DAMPAK
PENGIRING
Diharapkan siswa dapat berpikir kritis,
cermat, disiplin dan serius dalam belajar.
VI.
MATERI
AJAR
PERTUMBUHAN
HEWAN DAN TUMBUHAN
A. Pertumbuhan
Hewan
Kucing betina dapat beranak
Anak kucing menyusu pada induknya
Tubuh anak kucing mula mula kecil
Tubuhnya semakin lama semakin besar
Bulunya yang tipis bertambah tebal
Anak kucing tumbuh menjadi kucing remaja
Kucing remaja tumbuh menjadi kucing
dewasa
B. Pertumbuhan
Tumbuhan
Aku sudah tahu pertumbuhan hewan
Aku ingin tahu cara pertumbuhan tanaman
Ada tumbuhan yang berasal dari biji
Contohnya jambu dan mangga
Juga manggis dan rambutan
Biji ada di dalam buah
Biji yang ditanam dapat tumbuh
VII.
ALOKASI
WAKTU
2 × 35 Menit (1× Pertemuan)
VIII.
METODE
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Metode
-
Tanya Jawab
-
Picture and picture
-
Penugasan
b. Media
-
Gambar
IX.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1. Salam
2. Do’a
3. Absen
4. Apersepsi
“anak-anak, apakah kalian pernah belajar
tentang hewan dan tumbuhan? Bagaimana sekarang kita belajar tentang pertumbuhan
hewan dan tumbuhan?”
5. Informasi
materi pembelajaran
6. Informasi
tujuan pembelajaran
B. Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
a. Guru
memberikan materi sebagai pengantar
b. Guru
dan siswa bertanya jawab tentang materi
2. Elaborasi
a. Siswa
mengamati gambar yang ditampilkan oleh guru
b. Guru
dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan
3. Konfirmasi
a. Guru
memberikan bimbingan kepada siswa untuk menyimpulkan dari gambar yang
ditampilkan
b. Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya
C. Penutup
1. Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
2. Evaluasi
3. Refleksi
4. Tindak
lanjut
X.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1. Penilaian
Proses
No.
|
Nama
|
Aktivitas
|
|||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Kerjasama
|
Ketelitian
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Rentang
nilai 0 – 100
A
= Baik Sekali (80-100)
B
= Baik (70-79)
C
= Cukup (60-69)
D
= Kurang (<60)
2. Penilaian
Hasil
a. Prosedur
Tes
1) Jenis
Tes : Tertulis
2) Bentuk
Tes : Essay
b. Soal
Tes
A.
Ayo
urutkan dan beri nomor 1 – 3 !
1. Pertumbuhan
ayam
Urutannya adalah ….
2. Pertumbuhannya
tumbuhan berbiji
Urutannya adalah ….
B.
Ayo
pilih gambar yang sesuai
1.
Hewan yang bertelur adalah nomor ….
2.
Tanaman yang berasal dari biji adalah
nomor ….
c. Kunci
Jawaban
A. 1)
2 – 3 – 1
2) 3 – 2 – 1
B. 1)
2
2) 1
d. Penskoran
No.
|
Nomor
Soal
|
Skor
|
1.
|
1
|
25
|
2.
|
2
|
25
|
3.
|
3
|
25
|
4.
|
4
|
25
|
Jumlah
|
100
|
XI.
SUMBER
BELAJAR
1. Tim
BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk SD/MI. Depdiknas Jakarta.
Halaman 488.
2. Sri
Purwati. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 2 untuk SD/MI Kelas 2. Jakarta: Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 21 – 27.
Pontianak,
14 September 2013
Mengetahui,
Guru Pamong, Praktikan,
RUSIDAH IHSAN
RAMADAN
NIP.
19570708 198103 2009 NIM.
F32110022
No comments:
Post a Comment